3.3. Aksi Nyata- Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
- Menjadikan murid Sholeh, cerdas, dan kreatif
- Murid mampu mengenal baca tulis awal
- Murid mampu mengenal konsep matematika awal
- Murid mampu memecahkan masalah sederhana
Tahapan
BAGJA |
Panduan
Tahapan |
Hasil
Tahapan |
B-uat Pertanyaan |
Membuat program
yang berdampak pada murid untuk memenuhi belajar mereka pada masa golden age |
Bagaimana anak dapat
memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan kritis dan
kreatif? |
A-mbil Pelajaran |
Keunikan dan Keberagaman cara berfikir anak usia
dini dalam masa golden age namun masih terpendam, sehingga guru harus dapat
menggali potensi-potensi anak
|
Rabu
kemarin anak-anak melakukan kunjungan kesebuah pertanian tanaman hidrofonik,
disana anak-anak terlihat bahagia dan antusias. Anak-anak kritis, bertanya dan mencoba dengan aktif |
G-ali Mimpi |
Gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi terkait topik
bahasan: - potensi seperti apa
yang dibayangkan ada
dalam diri siswa (murid) - Perilaku
apa saja yang ada
pada siswa (murid) dengan Potensi yang mereka miliki - Perilaku guru seperti apa yang
mendorong potensi siswa (murid) - Perilaku kepala
sekolah seperti apa
yang mendorong
potensi siswa (murid) - Perilaku orang tua seperti apa yang mendorong potensi
siswa (murid) - Hal apa
saja
yang perlu
dimiliki untuk meningkatkan
potensi siswa (murid) |
Cita-cita mimpi: - Murid yang
sholeh, cerdas dan kreatif, sehingga mampu memecahkan masalah dalam
kehidupan sehari-hari dengan kolaboratif dan komunikatif - Guru mampu menuntun murid untuk berfikir
cerdas dan kreatif - Kepala sekolah yang
mendorong potensi, bakat dan minat murid, harus memiliki sikap
bertanggung jawab,
terbuka, dan memberikan Kepercayaan
terhadap
langkah perbaikan dan pengembangan guru
dan murid - Orang tua mendukung
program sekolah - Pihak lain yang
membantu jalannya program
|
No |
Kemungkinan Resiko Yang Terjadi |
Ukuran Resiko (kecil/sedang/besar) |
Strategi Pengendalian |
1 |
Kemampuan/Kompetensi
Guru
|
Sedang |
Teknik bertanya
|
2 |
Biaya praktek
|
Sedang |
Uang kegiatan |
3 |
Penggunaan alat/bahan
berbahaya |
Besar |
Diambil alih
oleh guru |
4 |
Insiden percobaan
|
Besar |
Berkurangnya
kepercayaan publik |
Pertanyaan Kunci |
|
Evaluasi Program (Diisi dengan pertanyaan utama yang menjadi tujuan evaluasi) |
1. Sejauh apa program yang telah berjalan sesuai dengan tujuan utama program? 2. Seberapa banyak hambatan yang ditemui selama pelaksanaan program ini? Mengapa terjadi demikian? |
Fokus Monitoring |
Pertimbangan Pemilihan |
Pertanyaan Utama Monitoring |
Diisi dengan pilihan aktivitas-aktivitas atau
tujuan antara program (outcomes) yang akan dipantau/dimonitor sepanjang
pelaksanaan program, hal ini yang akan digunakan sebagai data untuk evaluasi
program |
Diisi dengan alasan pemilihan aktivitas atau
tujuan antara (outcomes) program |
Diisi dengan pertanyaan untuk menggali fokus
monitoring yang berpengaruh pada tujuan program |
Aktivitas relegi
|
Diharapkan anak- anak menjadi sholeh |
Kegiatan apa yang dapat memenuhi kebutuhan
religi anak? |
Tahapan AIPCI (Ask, Imagene, Plan, Create,
Improve) |
Diharapkan anak-anak dapat memecahkan masalah
dengan berpikir kritis dan kreatif |
Masalah apa yang akan diangkat untuk dapat anak
berpikir kritis dan kreatif ? |
Pertanyaan Monitoring |
Sumber Informasi |
Metode |
Kapan/Bagaimana |
Diisi dengan pertanyaan Utama Monitoring |
Diisi dengan pihak/aktor yang berkaitan dengan
pertanyaan monitoring |
Diisi dengan metode untuk penggalian data
kepada sumber informasi Contoh: kajian evaluasi, observasi, wawancara,
kuesioner/survey |
Diisi dengan waktu penggalian informasi |
Bagaimana mengaplikasikan program tersebut
kepada anak-anak |
Guru |
Observasi melalui percobaan sains |
Program dilaksanakan saat pembelajaran awal
Inti, dan penutup
|
Bagaimana mengukur keberhasilan program yang
dilakukan anak-anak? |
Guru dan Anak didik/Murid |
Jurnal harian |
Setiap hari selama kurun waktu tertentu |
Pertanyaan Monitoring |
Data yang terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan Khusus, Pengecualian |
Kapan program
STEM dilaksanakan?
|
Jadwal tema
pembelajaran |
Tidak semua tema dapat menjadi program STEM |
|
Bagaimana tindak
lanjut keberhasilan program |
Jurnal harian |
Anak-didik/murid
dapat melihat keberhasilan dan perbaikan selanjutnya (improve) melalui jurnal
harian |
|
Faktor-Faktor
Pendukung Pelaksanaan Program |
Faktor-Faktor
Penghambat Pelaksanaan Program |
Pembelajaran |
Diisi
dengan hal-hal yang mendukung keberhasilan program |
Diisi
dengan hal-hal yang menghambat pencapaian program |
Diisi
dengan hasil refleksi dan temuan-temuan signifikan selama pelaksanaan program |
Koordinasi tim yang baik
|
Kompetensi guru,
Waktu yang terbatas dan sarana prasarana yang kurang memadai |
Refleksi: Program
STEM dapat menumbuhkan ide-ide anak untuk berpikir kritis dan kreatif untuk
memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan
lingkungan sekitar. |
LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM |
Gambaran Umum Program:
Program ini dibuat untuk membentuk anak sholeh, menumbuhkan sikap kritis dan
kreatif dalam memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. |
Deskripsi Pelaksanaan Program: -
Waktu Pelaksanaan Pada saat proses
pembelajaran berlangsung di awal, inti dan penutup -
Strategi Pelaksanaan Program Program dilaksanakan secara
berkelompok yang di pandu oleh guru yang berpotensi, murid aktif terlibat
dalam kegiatan -
Faktor Pendukung dan Penghambat Program Faktor pendukung yaitu:
kepala sekolah, orang tua, rekan guru dan pihak yang terkait pada program
yang dilaksanakan. Penghambat: waktu dan sarana
prasarana -
Hasil Pelaksanaan Program Murid terlihat bahagia,
antusias dan mempunyai produk/proyek |
Evaluasi Program: Program yang
dilaksanakan berupa proyek atau produk sehingga memerlukan waktu yang cukup
lama, hasil dari program dapat menjadikan anak-anak memunculkan ide[gagasan
untuk memecahkan masalah secara sederhana. |
Fact (fakta): Anak-anak mempunyai
proyek/produk yang harus di ciptakan Feeling (Perasaan): Anak-anak terlihat
bahagia karenamereka mempunyai proyek/produk yang dibuat Finding (Temuan): Anak-anak menemukan
ide-gagasan untuk memecahkan masalah secara sederhana Future (Masa Depan): Melalui tahapan Improve diharapkan dengan
program STEM anak-anak menjadi tangguh dalam setiap masalah yang ada karena
mereka akan berpikir solusi atas masalah tersebut baik secara individu
ataupun berkelompok |
Wah sebentar lagi selesai yah diklatnya? Luar biasa banyak sekali ilmu yg didapat seorang CGP.
BalasHapusSukses yah..
Sistematis dan terstruktur, Bu guru penggerak
BalasHapusLuar biasa aksi nyatanya
BalasHapusSegera terwujud aksi nyatanya dari kegiatan CGP. Mantap.
BalasHapusSemangat...semoga segera terwujud aksi nyatanya
BalasHapus