10/08/2020

Dimana Ada Kemauan Disitu Ada Jalan

DAFTAR ISI [Buka]
 Pelatihan Menulis Gelombang 16

    Resume ke -2 Oleh : 
 
Moderator: Ibu Sri Sugiastuti (Bunda Kanjeng)
Nara Sumber: Bapak Mukminin, S.Pd., M.Pd.

Malam ini Bapak Mukminin tidak memberikan  materi tetapi hanya sharing saja tentang menulis buku, bagi saya materi ataupun hanya sharing saja itu sangat berarti untuk membantu menambah ilmu dan motivasi dalam belajar menulis.

Kapan saya mulai belajar menulis dan menerbitkan  buku, mengapa saya harus menulis dan kapan saya berani belajar menerbitkan buku, teman-teman yang belajar menulis bersama Om Jay? Yuk kita mulai.

Ajakan dari Bapak Cakinin (panggilan akrab beliau) membuat saya beranjak dari asyiknya membaca...

Tiada kata terlambat untuk menjadi seorang penulis. Sebaik-baiknya manusia adalah yang mau berubah ke arah kebaikan dalam segala hal dan bermanfaat bagi orang lain. Karena Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, kalau kaum itu tidak mau merubahnya sendiri. Kalimat bijak itulah yang menjadi motivasi saya untuk segara menulis. Masya Allah itu betul sekali...diri kitalah yang menentukan akan  seperti apa kita, akan bergerak maju atau diam ditempat.

Saya sadar usia saya sudah tidak muda lagi, tetapi....pak Cakinin mengingatkan saya bahwa ada sebuah pepatah mengatakan: 

" Dimana ada kemauan di situ ada jalan". Dan 'Manjadda Wajadda' ( siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil), hingga membuat saya bersemangat untuk dapat menulis syukur-syukur bisa menjadi sebuah buku....

Subhanallah....banyak sekali pengalaman dan usaha yang dilakukan pak Cakinin untuk menulis sampai bisa menerbitkan sebuah buku...salah satunya dengan mengikuti kuliah online bersama om Jay lewat WAG PGRI, Baarokallaah...om Jay...dengan tangan ajaibmu generasi literasi tetap hidup dan tangguh.

Motivasi berupa mantera dari Om Jay sangat  luar biasa sampai hari ini saya selalu ingat, " Menulislah setiap hari dengan hati,  buktikan apa yang terjadi", itulah mantera Om Jay.


Tips menulis dan menerbitkan buku N M A T M I :

1. NIAT KUAT DAN NEKAD  ( Nawaitul) menulis itu berbagi ilmu dan pengalaman /menulis itu ibadah 

2. MENCARI MENTOR 

  • Carilah pembimbing penulis sukses
  • Kalau ingin sukses bergaullah dengan orang sukses ( kalau ingin wangi bertemanlah dengan bakul minyak wangi) 

3. A T M 

AMATI (amati penulis sukses/mentor, cara dan gaya penulisannya)

TIRU

  • Tiru/ikuti apa dan bagamana yang dilakukan penulis sukses / mentor
  • Tiru dalam arti meniru denga  modifikasi. Judul boleh sama,  isi dan penyampaian pasti berbeda

MANUT 

  • Ikuti semua intruksi yang disarankan mentor,  apa yang dilakukan mentor  sampai jadi penulis sukses
  • Ikuti bagamana cara menerbitkan buku ke penerbit

4. ISTIKOMAH

Beristikomah untuk selalu menulis setiap hari walaupun 3 paragraf,  satu paragraf, Satu Puisi, Satu kalimat, satu kata-kata.bijak.

✓ pilihla waktu yang tepat sesuai kondisi masing-masing ( bisa habis sholat subuh yang masih Fress, bisa disela-sela pekerjaan, atau waktu istirahat, atau kapanpun  ada kesempatan)

Masya Allah...Tabarokallaah pak Mukminin....semoga semangatnya bisa menular untuk saya khususnya...umumnya untuk semua pencinta Literasi....


bm

Dikatakan sukses seorang ibu apabila sudah bisa menghantarkan anaknya kepada Islam yang kaffah.

2 Comments

Mohon berikan komentar yang dengan menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas.

  1. Blog ini belum mobile friendly. Artinya ketika dibuka di HP, tulisannya jadi kecil-kecil. Mungkin perlu ada settingan khusus, tapi saya tidak tahu caranya lho! 😁

    Sebenarnya, isi tulisannya hampir sama dengan peserta lain. Tapi, untuk awalan, bolehin sementara begini dulu.

    Nanti makin sering menulis, akan makin terasah kok. 😊👍

    BalasHapus
avatar
Admin Noeng Blog Online
Welcome to Noeng Blog blog