2/10/2021

Hikmah Segelas Teh Manis

DAFTAR ISI [Buka]



 "Oke, materi siap meluncur, cihuuuuy ...  perfect!" Sorak ku dalam hati

Satu persatu anak didikku mengirimkan tugasnya, semuanya berjalan baik, seperti biasa saya memberikan beberapa stiker bintang untuk motivasi.

Sampai satu kegiatan tugas yang membuat saya cemas dan kaget, tidak terduga anak se usia TK bisa melakukannya. 

Amazing ....


"Assalamualaikum... ibu, apa Selviani biasa menyeduh teh seperti itu? Saya degdegan melihatnya" ujar saya dalam gawai.

"Tidak apa-apa bu ... kan belajar, Selvi biasa melihat saya menyeduh kopi untuk pembeli dan ia mau mencobanya" jawab mamah Selviani dengan tenang.

"Jangan khawatir bu ... saya jaga dan bimbing .... " jawab mamahnya Selviani kembali.

"Masya Allah ... " ujar saya kembali.

"Andai ketika menuangkan air panas kedalam gelas dan tumpah kena kaki atau tangannya, waah ... bisa menjadi kasus itu, hmmmm ... takut saya membayangkannya" Bisik saya dalam hati.

"Alhamdulillah ... tidak terjadi apa-apa " Tidak henti-hentinya kata hamdalah itu saya ucapkan.

Allah melindungi saya dari keteledoran dalam memberikan kegiatan pembelajaran.

Dari kejadian tersebut saya merasa harus membuat sebuah refleksi diri agar pembelajaran kedepannya tidak membahayakan anak didik.


Dari kejadian tersebut saya membuat refleksi :
  1. Kekurangan : Untuk kegiatan membuat minuman sendiri seharusnya saya memberikan contoh yang jelas dan konkrit.
  2. Kelebihan : Dengan pembelajaran ini saya mempunyai penilaian Anekdot, artinya saya menemukan hal yang tidak biasa/istimewa yang dilakukan anak se usianya. 
  3. Keberanian untuk mencoba sesuatu hal yang baru memang penuh dengan resiko, tapi bisa diminimalisir dengan adanya kerjasama antara guru dan orang tua anak didik.
  4. Kehati-hatian dalam memberikan kegiatan harus lebih ekstra dipikirkan dan disesuaikan dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak  (STPPA) menurut usianya.
Menjadi seorang guru memang harus mempunyai inovasi-inovasi yang akan menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyanangkan. 
Hal yang penting dari sebuah pembelajaran adalah proses belajar itu sendiri, sehingga dari proses tersebut dapat kita ambil hikmah di dalamnya dan menjadikan sebuah refleksi diri untuk pembelajaran yang lebih baik.

Semangat untuk selalu belajar di iringi doa keselamatan dalam setiap langkah ....

by: Noeng


bm

Dikatakan sukses seorang ibu apabila sudah bisa menghantarkan anaknya kepada Islam yang kaffah.

4 Comments

Mohon berikan komentar yang dengan menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas.

  1. Wah mantap refleksi pembelajarannya, pembelajaran kpd anak maupun pembelajaran untuk diri sendiri, mantuuul...

    BalasHapus
  2. Melatih kemandirian sejak dini.

    BalasHapus
avatar
Admin Noeng Blog Online
Welcome to Noeng Blog blog