6/16/2021

Aksi Nyata 1.2 Nilai Dan Peran Guru Penggerak

DAFTAR ISI [Buka]

Nunung Komalasari, S. Pd
TK Miftahul Haq
Calon Guru Penggerak Angkatan 2
Kabupaten Bandung

Fasilitator: Eva Farida Agustina, M. M. Pd
Pendamping: Iim Karimah, M. Pd


Mewujudkan Peran Dan Nilai-nilai Guru Penggerak Masa Pandemi

A. Latar Belakang

Nilai dan Peran Guru Penggerak sejatinya telah ada pada diri masing-masing, terutama pada diri Guru  yang merdeka dan mewujudkan profil pelajar Pancasila. Nilai dan Peran Guru Penggerak di harapkan tumbuh dan berkembang seiring dengan pemahamannya tentang filosofi Ki Hajdar Dewantara.

Peran guru penggerak adalah sebagai transpormasi ke arah kompetensi yang harus dimiliki oleh guru penggerak. Guru penggerak senantiasa tergerak untuk bergerak dan menggerakkan.

Masa Pandemi ini Guru harus tetap melaksanakan perannya sebagai wujud dari Nilai-nilai yang di embannya, masalah yang terjadi adalah masih banyak guru yang terbatas kemampuannya untuk pembelajaran secara daring.

Dalam hal ini Guru dapat berkolaborasi dengan teman sejawat untuk merencanakan pembelajaran daring dan untuk kelancaran pembelajaran tersebut guru juga harus berkolaborasi dengan pihak lain seperti orang tua atau praktisi pendidikan.

B. Aksi Nyata

1. Tujuan 
  • Melalui daring guru juga dapat menjalankan perannya Menjadi Pemimpin Pembelajaran.
  • Melalui PROKES yang ketat guru juga dapat menjalankan perannya Menggerakan Komunitas Praktisi.
  • Melalui PROKES yang ketat guru juga dapat Menjadi coach bagi Guru lain.
  • Mendorong Kolaborasi antar Guru dan orang tua.
  • Melalui daring guru juga dapat Mewujudkan Kepemimpinan Murid. 

2. Tolak Ukur
  • Peserta didik mengikuti proses pembelajaran 
  • Kompetensi guru tetap bertambah baik
  • Peserta didik dapat menjadi pemimpin pembelajaran 
C.  Hasil Aksi Nyata yang dilakukan

Dokumentasi berupa video dan foto:
Video pembelajaran secara Daring di share melalui grup WA

Dokumentasi hasil pembelajaran berdasarkan ide kreatif anak




Merencanakan pembelajaran Daring dengan KS dan rekan sejawat

Kolaborasi dengan pihak STEM untuk meningkatkan Kompetensi pembelajaran

Kolaborasi dengan orang tua melalui home visit

Menghidupkan kembali KKG TK-Paseh

D. Refleksi
  • Keberhasilan
Pembelajaran dan Kegiatan Peran Guru penggerak tetap berlangsung sebagai wujud dari Nilai-nilai seorang Guru Penggerak walaupun dalam kondisi covid 19.
  • Hal Yang Kurang Optimal
Hasil dari transformasi Nilai-nilai guru penggerak tidak optimal. Pencapaian Indikator untuk peserta didik kurang memuaskan karena guru tidak langsung melihat aktivitas anak dalam pembelajaran.

Kolaborasi dan menggerakan praktisi juga terbatas waktu dan tempat serta prokes yang harus dijalankan.

C. Rencana Perbaikan

Tetap semangat untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan-kegiatan lain dengan mengoptimalkan daring online dan virtual, jika memungkinkan akan dilaksanakan luring.
Pendapat Rekan Sejawat terhadap Peran CGP 


Pendapat Anak Didik terhadap Peran CGP 

bm

Dikatakan sukses seorang ibu apabila sudah bisa menghantarkan anaknya kepada Islam yang kaffah.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar yang dengan menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas.

avatar
Admin Noeng Blog Online
Welcome to Noeng Blog blog