7/23/2021

Aksi Nyata Tugas 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

DAFTAR ISI [Buka]

 Nunung Komalasari, S. Pd
TK MIftahul Haq
Calon Guru Penggerak Angkatan 2
Kabupaten Bandung

Fasilitator: Eva Farida Agustina, M. M. Pd.
Pendamping: Iim Karimah, M. Pd


Pembelajaran Berdiferensiasi


A. Latar Belakang

Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Peran guru adalah bagaimana ia mampu menjadi seorang pemimpin pembelajaran, membuat pemetaan pembelajaran sehingga sesuai dengan visi sekolah atau visi kelas dan dapat mewujudkan budaya sekolah. Salah satu pendekatan yang dapat di lakukan oleh guru dalam mengelola pembelajaran adalah Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran Berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. 

Keputusan-keputusan yang dibuat tersebut adalah yang terkait dengan:
  1. Lingkungan belajar yang “mengundang’  dan mendukung murid untuk belajar dan bekerja keras untuk mencapai tujuan belajar yang tinggi 
  2. Tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas bagi murid
  3. Penilaian berkelanjutan
  4. Manajemen kelas yang efektif (prosedur, rutinitas, metode)
  5. Guru menanggapi kebutuhan belajar muridnya 
Mengidentifikasi Kebutuhan Belajar Murid
Aspek-Aspek Kebutuhan Belajar:
  1. Kesiapan Belajar: Keterampilan, Isi, Konsep.
  2. Minat Belajar: Kesukaan, hobi.
  3. profil Belajar: Lingkungan, Pengaruh Budaya, Gaya belajar, Multiple intelligence.
Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi:
  1. Diferensiasi Konten: Apa yang kita ajarkan pada murid
  2. Diferensiasi Proses 
  3. Diferensiasi Produk
B. Tujuan
  • Membuat rencana pembelajaran berdasarkan kebutuhan murid
  • Menciptakan suasana kelas aktif
  • Menjadikan pembelajaran bermakna dan bahagia
C. Tolok Ukur
  • Peserta didik belajar sesuai dengan kebutuhannya
  • Tercapai Indikator Perkembangan Anak
  • Konten pembelajaran tersampaikan dengan menyeluruh sesuai kesiapan anak belajar.
D. Hasil Aksi Nyata Yang Dilakukan

Pembuatan Rencana Pembelajaran Diferensiasi:



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
VIRTUAL CLASS (DARING) 

Semester/Bulan/Minggu          : I//2/14

Hari/Tanggal                           : Rabu/14-07-2021

Kelompok/Usia                       : B/5-6 Tahun

Tema/Sub Tema                      : Diriku/Anggota Tubuh (Panca Indera)

Alokasi Waktu                        : 60 Menit

KD                                          : 3.1-4.1, 3.3-4.3, 3.6-4.6, 3.11-4.11, 3.12-4.12, 2., 3.15-4.15 

A.      Tujuan Pembelajaran

-          Melalui kegiatan menghubungkan anak-anak mampu mengenal panca indera beserta fungsinya.

-          Melalui gambar/video anak-anak mampu menyebutkan panca indera beserta fungsinya dengan baik.

-          Melalui kegiatan meniru bentuk yang di contohkan anak-anak dapat mengenal bentuk geometri

B.       Materi dalam Pembelajaran

1.      Menyebutkan nama masing-masing panca indera beserta fungsinya.

2.      Menghubungkan gambar panca indera sesuai dengan fungsinya.

3.    Membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok, dll)

C.      Materi dalam Pembiasaan

1.      Karakter

-          Berperilaku sopan dan hormat kepada guru dan teman dengan mengucapkan salam.

-          Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

-          Mengetahui doa bercermin

2.      Life skill

-          Mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan

-          Membereskan sendiri barang yang telah digunakan ketempat semula

D.      Alat dan Bahan

-          Gambar/video panca indera

-          Lembar Kerja

-          Kertas, plastisin, dll

E.       Sumber Belajar

-          Whats app & Zoom

-          Lembar Kerja

-          Gambar/video panca indera

F.       Kegiatan 

1.    Pendahuluan

(Pijakan sebelum main)

-       Guru memulai kegiatan pembelajaran dengan menyapa anak didik via video pembelajaran dan menuntun anak didik untuk mengucapkan salam.

-       Guru mengajak anak didik untuk berdoa sebelum memulai kegiatan sambil bernyanyi.

-       Guru menyampaikan tema, sub tema dan tujuan pembelajaran.

2.         Kegiatan Inti

(Pijakan saat main)

-        Guru mengenalkan nama panca indera kepada anak didik dengan menampilkan gambar/ video pembelajaran via WhatsApp.

-       Anak-anak menyebut gambar yang ditampilkan oleh guru  (Diferensiasi Proses).

·           Bagi anak yang sudah dapat mendengarkan instruksi dengan baik, dapat menyebutkan nama panca indera secara bergantian.

·            Bagi anak yang dapat mendengar instruksi beberapa langkah saja dapat dibantu oleh orang tua untuk mendengar instruksi yang disampaikan.

·           Bagi anak yang belum dapat mengikuti instruksi sama sekali dapat dibantu oleh orang tua untuk mendengar instruksi dan menyebut nama panca indera yang dicontohkan oleh orang tua di rumah.

-       Anak didik melakukan kegiatan mencocokkan nama panca indera dan fungsinya

·           Bagi anak didik yang sudah dapat mendengarkan instruksi dengan baik, dapat mengerjakan kegiatan dengan mandiri

·           Bagi anak didik yang dapat mendengarkan instruksi namun hanya beberapa langkah saja akan dibantu oleh guru untuk mengulang instruksi dan menjelaskan instruksi secara pelan

·            Bagi anak didik yang belum dapat mengikuti instruksi sama sekali dapat dibantu oleh orang tua di rumah

-       Sebagai produk pembelajaran, murid kemudian diminta membuat karya dengan meniru bentuk seperti sesungguhnya yang telah disediakan (Diferensiasi Produk)

·           Bagi anak didik  yang sudah dapat meniru bentuk dan membuat bentuk geometri dapat langsung membuat karya gambar wajah dari bahan yang ada

·           Bagi anak didik yang sudah dapat meniru bentuk namun sedikit mengetahui bentuk geometri bisa dibantu oleh orang tuanya dirumah untuk dibuatkan pola bentuk geometri, sehingga anak tinggal menempel pada buku gambar  membentuk wajah

·           Bagi anak didik yang belum bisa meniru bentuk dan belum mengenal bentuk geometri dapat dibantu oleh orang tua dengan memberikan dampingan khusus atau kegiatan lain dengan mengenalkan bentuk-bentuk yang ada disekitar rumah atau dengan bermain playdought untuk meniru bentuk geometri.

3.      Kegiatan Penutup

(Pijakan setelah main)

-        Bercerita pendek mengenai pesan dan kegiatan yang telah disampaikan

-        Mengenalkan doa bercermin sebagai wujud rasa sykur kepada Tuhan yang Maha Pencipta

-        Bertanya perasaan hari ini

-        Mengajak anak didik untuk berdoa dan menyanyikan lagu penutup

-        Menutup dengan salam


G.   Penilaian

1.      Strategi/ Tehnik penilaian

-          Penilaian ceklis (C)

-          Penilaian Hasil Karya (HK)

-          Catatan Anekdot

·         Sikap : Observasi terhadap sikap dan komitmen murid dalam melaksanakan kegiatan

·         Pengetahuan : Menunjukkan pengetahuan tentang menyebut dan mengenal nama panca indera dan fungsinya

·         Keterampilan : Membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, playdought, balok, dll)

2. Rencana Penilaian

Program Pengembangan

Kompetensi Dasar

Indikator

NAM

3.1-4.1

Terbiasa mengucapkan doa-doa pendek dan melakukan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya. (C)

SOSEM

2.8

Terbiasa memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian (C)

KOGNITIF

3.6-4.6

Dapat mengenal bentuk geometri

BAHASA

-        3.11-4.11

-        3.12-4.12

-       Mampu menyimak video pembelajaran

-       Dapat menyebutkan nama panca indera beserta fungsinya

FISIK MOTORIK

3.3-4.3

-       Dapat melakukan gerak dan lagu

-       Dapat menempel bentuk geometri dengan tepat. (HK)

SENI

3-15-4.15

-            Dapat membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan. (HK)

-             Menghargai  karya  anak lain dengan bimbingan (mis Dengan bertepuk tangan dan memuji


3. Analisis Perkembangan Anak

No

Hari/Tanggal

Nama Anak&foto

KD/Indikator

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bandung, 14 Juli 2021

Mengetahui,

Kepala TK

Iin Parlina, S. Pd

 

Wali Kelas

Nunung Komalasari, S. Pd

 


Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) 
TK Miftahul Haq
Nama            :         
Kelompok    :

Video Pembelajaran Mengenal Fungsi Panca Indera
Anak-anak Mencocokan dengan menarik gambar yang sesuai dengan funsinya.
                                                  

                                    

                                       

                                          

                                            


Dokumentasi Hasil Aksi Nyata

Pembelajaran secara Daring
Menyebutkan Panca Indera beserta fungsinya
Doa Bercermin

bm

Dikatakan sukses seorang ibu apabila sudah bisa menghantarkan anaknya kepada Islam yang kaffah.

12 Comments

Mohon berikan komentar yang dengan menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas.

  1. Wash, keren nih guru Penggerak. Semoga membawa pendidikan ke arah lebih baik. Aamiin

    BalasHapus

  2. Membaca RPP-nya mengasyikan juga, karena bagi Ambu ini ilmu baru, ttg pembelajaran di TK. Juga ada istilah baru tentang strategi berbasis diferensiasi. Mantaap, Bu.

    BalasHapus
  3. Semangat bu Nung.. Sukses guru penggerak... Aamiin

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat. Semoga bisa ngikuti jejak Ibu menjadi bagian dari guru penggerak.

    BalasHapus
  5. Aamiin. Terima Kasih atas dukungannya

    BalasHapus
  6. Semoga sukses dan lulus menjadi guru penggerak.

    BalasHapus
  7. Mantap Bu dengan rencana pembelajarannya. Semoga sukses dan lulus.

    BalasHapus
  8. Terus bergerak guru penggerak ,tetap semangat tuk pendidikan anak negri.

    BalasHapus

  9. Keren... Bunda, trimks share tulisan 2.1 disangka cerita ttg ustad2/ulama yg ke Jakarta. Sukses... 👍👍👍👍👍👍😱

    BalasHapus
  10. Semoga lulus Bun

    bagaimana cara membuaat tabel di blog? mohon pencerahan Bun

    BalasHapus
  11. Punten ibu... apakah ini salah satu tugas CGP bu? mantap ya bu... tugas nya banyak ya?

    BalasHapus
avatar
Admin Noeng Blog Online
Welcome to Noeng Blog blog