10/15/2020

Guru Bisa Menulis dan Menerbitkan Buku

DAFTAR ISI [Buka]





Alhamdulillaah cantik sekali kupu-kupu itu setelah sekian lama berada didalam kepompong akhirnya terbang bebas dengan sayap yang indah membuat ingin menangkap setiap mata memandang......

Tidak terasa tibalah ke pelatihan yang ke 5, masih ada 15 kali pertemuan lagi untuk menjadi kupu-kupu yang indah akankah BISA diri kita sendiri yang menentukan.

Hilangkan pikiran bahwa usia kita tidak muda lagi, waktu kita sedikit dengan berbagai urusan rumah tangga dan pekerjaan, modal kita tidak ada dan kita sudah terlambat. 

Niat dan tekad yang kuat maka Allah Subhanahu Wata'alla yang akan membuka jalan dari semua masalah kita.



Bagai angin segar pelatihan kali ini di pandu oleh ibu Aam dan sebagai narasumbernya adalah bunda Kanjeng begitu beliau di panggil, motivator dan inspirator hebat. 

Terlahir dengan nama Sri Sugiastuti,  8 April 1961. Merasa terlambat belajar menulis. Ia menghabiskan masa kecilnya di Jakarta sejak usia 1 tahun hingga lulus SMA tahun 1980.

Kuliah di UNS setelah lulus mengajar di Jakarta hingga ahun 1990. Cinta dan tanggungjawabnya pada keluarga membawanya  hijrah ke Solo sejak tahun 1990 hingga saat ini. Beliau memiliki 4 orang anak dan suami siaga yang selalu mendukung segala kiprah istrinya yang positif. 

Karir menulisnya dimulai ketika usianya jelang setengah abad. Dimana Ia kuliah S2 jurusan Pengkajian Bahasa Inggris yang linier dengan jurusan yang diambilnya di S1.UNS. Tahun 2010 jadi tahun keberuntungannya ketika 2 bukunya bisa terbit, Buku “SPM Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk SMK” penerbit Erlangga, dan buku antologi “ Diary Ketika Buah Hati Sakit”. Naskahnya sebagai pemenang ke 3.  

Buku kroyokan lainnya bersama Kompasianer tahun 2014 “25 Kompasianers  Merawat Indonesia” dalam rangka hari Kartini. Satu lagi berjudul “ Indonesia Satu “ penerbitnya Indie Peniti Media. Beberapa buku antologi Muara Kasih Ibu, Move on, Go to 2020, dan Move on. 

Tahun 2013 terbit 3 bukunya. 1 buku Parenting berjudul “Seni Mendidik Anak Sesuai Tuntunan Islami” penerbit Mitra widyawacana Jakarta. Novel Hidayah “ Kugelar Sajadah Cinta” penerbit Indie Bentang Pustaka Sidoarjo dan “Deburan Ombak Waktu” penerbit Indie Goresan Pena  Cirebon. 

Tahun 2015 Buku “SPM Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk SMK edisi baru, penerbit Erlangga.

Tahun 2016 buku “ The Stories Cakes For Beloved Moms’ penerbit Indie Oksana dan tahun 2017 buku “ The Stories of wonder Women’ Penerbit Mediaguru. Tipuan Asmara (Novel), Wow Engish is So Easy Kids, Perempuan Terbungkas, (Novel) Catatan Religi Bu Kanjeng(Motivasi), Merawat Harapan (Parenting), The Power of Mother’s Prayer (Parenting) Masuk Surga Karena Anak (Parenting).

Kesehariannya ia mengajar, pegiat Literasi, pengurus TPQ di masjid Al Fath, Blogger, Komunitas berbagai kepenulisan baik online maupun offline, salah satunya aktif di blog Gurusiana dan Komunitas sejuta guru ngeblog. Pegiat Literasi Nusantara  dan Duta Bunda Baca Soloraya

Wow luar biasa bunda Kanjeng  I love you........................


Narasumber sangat bersyukur atas terbitnya berbagai judul buku karena niat dari motivator hebat kita 'Om Jay:  "mengajak guru bisa menulis dan menerbitkan buku" begitu mulia semoga Allah Subhanahu Wata'alla membalas kebaikannya, aamiin.

Narasumberpun yakin kalau kita bisa menulis karena tema dari menulis itu cukup luas termasuk menulis administrasi sekolah dan tugas anak-anak didik kita.

Apalagi saya sebagai pengajar anak-anak TK semua harus ditulis.....dari mulai catatan harian, anekdot, narasi di raport dan masih banyak lagi ....

Untuk itu bu Kanjeng narasumber kita memberikan tips-tipsnya tapi kalau saya tuliskan disini bakalan panjang nih tulisannya, bisa-bisa jenuh bacanya lebih baik kalau guru-guru hebat ini, membeli bukunya bunda kanjeng, disitu banyak sekali hasil karyanya tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan kita....







Penulis bisa dihubungi di astutianamudjono@gmail.com, www.srisugiastutipln.com Akun FB Astutiana. M,@Astutiana.M. IG. Astutianamudjono. Atau WA 089692593804.



Kesimpulan resume saya kali ini .....

Semua orang yang berhasil adalah orang-orang yang yakin akan pertolongan Allah Subhanahu Wata'alla dan kekuatan dalam dirinya. Ikhtiar untuk mewujudkannya kemudian take action. 




bm

Dikatakan sukses seorang ibu apabila sudah bisa menghantarkan anaknya kepada Islam yang kaffah.

23 Comments

Mohon berikan komentar yang dengan menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas.

  1. Semangat bu, jangan kendor

    BalasHapus
  2. Aiihh mantaapz..kereen shbtku..

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum Bu Nunung... Alhamdulillah, warna biru yang lembut dihiasi kata-kata pembuka yang indah sesuai dengan gambar kupu-kupu nya yang cantik...πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  4. Sekarang saya kalo mampir di blog kok gak langsung publish seperti biasanya ya

    BalasHapus
  5. Yak, komentar pertama!

    Super sekali resumenya. Lengkap sesuai dengan isi materi pelatihan kemarin. Terus menulis dengan semangat, Bu!

    BalasHapus
  6. Paduan warna biru terasa lembut dibalut pembuka tentang kupu-kupu cantik, πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  7. Jazaakumullaah khair,,guru-guru hebatku...

    BalasHapus
  8. Bu Nunung πŸ‘‹ pola paparan nya kali ini beda dengan sebelumnya. Kali iniπŸ‘πŸ‘πŸ‘ beneran...ada stylenya πŸ‘‹

    BalasHapus
  9. Resume yang mantap. Perumpamaan kupu-kupu yang sangat memotivasi kita semua. Semangat untuk kita semua.

    BalasHapus
  10. semngat bu,, tetap menginspirasi bagi semua di manapun berada...

    BalasHapus
  11. Sudut pandang yang berbeda dalam resume kali ini

    BalasHapus
  12. Saya senang melihat variasi resume yang dibuat peserta belajar menulis. Termasuk punya Bu Nunung ini. Paragraf pembukanya memikat, menggunakan perumpamaan kupu-kupu

    BalasHapus
  13. I'm coming Bu. Resume dengan sudut pandang yg berbeda, menguraikan profile penulis nya dengan lengkap.

    BalasHapus
  14. Terima kasih untuk motivasinya....

    BalasHapus
  15. Mantap Bu Nunung. Narasi bagus banget. Bahasa nya jelas gampang disimak.
    Semangat ya Bunda. Kita belajar bersama.Bersama kita belajar. Bersama kita sukses.

    Salam.sehat yaaa.
    Mksiiii

    BalasHapus
  16. Mantap Bu Nunung. Dengan bahasa pbuka yang menarik.
    Bahasa mudah dipahami. Sekses ya.

    Bersama kita Belajar

    Belajar kita bersama
    dan
    Bersama pula kita sukses.
    Salam.sehat. yaaa...

    BalasHapus
  17. Mantap Bu Nunung
    Narasi yang bagus, bahasa indah
    Lanjutkan tetap semangat yaa

    Sukses bersama

    BalasHapus
  18. Mantap Bu Nunung.Narasinya bagussss
    Semangat yukkk

    BalasHapus
  19. Mantap Bu Nunung.Narasinya bagussss
    Semangat yukkk

    BalasHapus
  20. asik bacanya...keren Bun
    monggo jalan-jalan ke tempat saya

    yukindrimenulis.blogspot.com


    BalasHapus
  21. Mantap Bu Nunung. Resume yang enak dibaca.

    BalasHapus
avatar
Admin Noeng Blog Online
Welcome to Noeng Blog blog