11/04/2020

"Yes I did it"

DAFTAR ISI [Buka]



Sebagai jiwa yang berusaha untuk optimis saya awali resume ini dengan "yes, I did it".
Ya, Saya akan menulis.....

Karena sebetulnya para guru sudah pada level atas, karena guru yang pertama mengajari menulis. Bohong kalau guru tidak bisa menulis itu Hoax. 
(Joko Irawan Mumpuni)

Bismillaahirrohmaanirrohiim....

Hari ini Senin, 2 November 2020 tepatnya pukul 19:00 WIB, Om Jay mengundang narasumber yang hebat  Direktur Program ANDY ACADEMY, Ketua I IKAPI DIY, Penulis buku  bersertifikat BNSP, dan Aseor BNSP. Di luar itu beliau juga seorang Wartawan atau Pers dan memiliki banyak penghargaan. 

Beliau adalah Pak Joko Irawan Mumpuni 08122739971 itu bagi yang mau berkomunikasi secara langsung melalui WhatsApp atau call langsung. Lewat email  jmumpuni@gmail.com facebook jokomumpuni@gmail.com atau Twetter @jokomumpuni Jabatan beliau Direktur Penerbitan. 


Mau Menulis Buku Apa?

Saya pandangi sederet resume yang ada pada blog saya, sudah 12 resume selesai ditulis dan ini yang ke 13. Ternyata sudah banyak juga, tapi masih bingung tipe buku apa yang akan saya tulis.

Padahal narasumber menyampaikan bahwa sejak awal kita sudah harus memastikan tipe buku apa yang akan kita tulis.


Ada buku teks yang dipergunakan untuk proses belajar mengajar dari PAUD sampai perguruan tinggi. 

Untuk perguruan tinggi terbagi menjadi buku yang sifatnya eksak dan non eksak, sedangkan untuk kelas dasar dan  menengah disesuaikan dengan jenjang pendidikan anak sekolah. 

Atau buku non teks adalah buku yang tidak selalu digunakan dalam proses pembelajaran. 

Buku ini meliputi buku fiksi misalnya komik, sastra, novel atau kumpulan cerpen. Sedangkan buku nonfiksi, dapat meliputi buku anak, umum populer, komputer, hobi maupun agama.

Ragam Buku

  

Beragam buku yang bisa diterbitkan, ada satu judul buku ditulis oleh satu orang penulis, ada satu judul buku yang ditulis beberapa penulis atau ada juga yang bekerjasama beberapa lembaga untuk menerbitkan sebuah judul buku. 

Buku yang diterbitkan bekerjasama dengan beberapa lembaga atau kampus akan terbentuk pasar yang menjamin buku tersebut akan dibeli minimal lembaga yang mendukung tebitnya buku tersebut. Tutur narasumber.

Industri Buku



Gambaran yang rumit tentang dunia industri, begitu yang beliau sampaikan. Dan itu memang betul....

Buku memang ada pada penerbitan namun stakeholdernya banyak. Tentu akan mempengaruhi proses yang menentukan nasib para pekerja industri buku. Maka dengan demikian akan berjalannya roda perekonomian masyarakat yang berada pada level pekerjaan dibidang buku baik proses maupun hasil dari sebuah penulisan buku.


Narasumber menyederhanakan penerbitan buku sehingga kita mudah untuk bisa menerbitkan buku.

Setiap proses akan selalu ada hambatan yang mengiringinya, seperti pada gambar berikut dan inilah PR kita bagi para pecinta literasi...


Naskah yang diterbitkan

Untuk menerbitkan sebuah buku narasumber menyampaikan ada beberepa proses yang harus dilalui seperti pada gambar berikut ini:


Setelah mengetahui proses pembuatan naskah menjadi buku narasumber menyampaikan bahwa kita harus tahu naskah seperti apa yang diterbitkan. perhatikan gambar berikut:


Hal yang paling penting bagi penulis setelah melalui proses yang panjang dalam menerbitkan sebuah buku adalah memilih penerbit yang baik. Adapun ciri-ciri dari penerbit yang baik seperti pada gambar berikut:


Alhamdulillaah itulah resume yang saya buat malam ini, masih banyak kekurangannya...
Tapi itulah proses. Tetap semangat dan tetap menulis.....


















 











bm

Dikatakan sukses seorang ibu apabila sudah bisa menghantarkan anaknya kepada Islam yang kaffah.

13 Comments

Mohon berikan komentar yang dengan menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas.

  1. Singkat tp padat , ya semangat untuk terus nulis..

    BalasHapus
  2. Resume yg bernas, singkat berisi.

    BalasHapus
  3. Wah... Kereen... Asri bener blognya
    Saya harus banyak belajar, babtu saya ya...

    BalasHapus
  4. Resume yang mantap, Bu Nung. Hanya ada beberapa kalimat dan paragraf yang menggantung. Misalnya kalimat ini, Atau buku non teks adalah buku yang tidak selalu digunakan dalam proses pembelajaran. Kalimat ini berdiri sendiri dalam satu paragraf. Yang saya soroti boleh atau tidaknya satu paragraf hanya satu kalimat, tetapi adanya kata penghubung 'atau' di awal. Padahal atau adalah kata penghubung pilihan. Jadi, kalimat ini menghubungkan pilihan yang mana?
    Kemudian ada di bagian tengah setelah tanda titik ada kalimat 'Tutur narasumber.' Maksud dari kalimat ini merujuk ke mana? Kalimat sebelumnya atau gambar di bawahnya? Kalau memang merujuk kalimat sebelumnya bisa pakai tanda koma di depan kata 'tutur narasumber' itu. Masukan lain next time, ya. Tabik. 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jazaakallah pak...siap saya perhatikan lagi...

      Hapus
  5. Kali ini saya tidak bisa berkomentar banyak hehe..semangat

    BalasHapus
  6. Mantap resumenya memadukan tulisan dan gambar! Sehingga fungsi gambar tidak hanya pelengkap cerita tetapi memiliki fungsi tersendiri.

    BalasHapus
  7. Saya juga ikut berkomentar. Sudah bagus, Bu, tinggal ditingkatkan lagi nanti untuk resume-resume berikutnya.

    BalasHapus
  8. Baru sempat mampir. Udah bagus resume ya. Tetap semangat

    BalasHapus
  9. Baru bisa berkunjung, selamat atas resumenya

    BalasHapus
  10. Waah good job bu guru, Perlu dipermanis lagi ya

    BalasHapus
avatar
Admin Noeng Blog Online
Welcome to Noeng Blog blog