6/18/2021

Aksi Nyata 1.3.a.10 Visi Guru Penggerak

DAFTAR ISI [Buka]

Nunung Komalasari, S.Pd
TK Miftahul Haq-Paseh
Calon Guru Penggerak Angkatan 2
Kabupaten Bandung

Fasilitator: Eva Farida Agustina, M. M. Pd

Pendamping: Iim Karimah, M. Pd


Membentuk Karakter Pemimpin yang Sholeh


A. Latar Belakang

Pendidikan merupakan tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat. 
Ki Hajar Dewantara memiliki keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab maka pendidikan menjadi salah satu kunci utama untuk mencapainya.

Pendidikan dapat menjadi ruang berlatih dan bertumbuhnya nilai-nilai kemanusiaan yang dapat 
diteruskan atau diwariskan.

Menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak sehingga anak dapat mencapai titik keselamatan 
dan kebahagian yang setinggi - tingginya. Dalam hal ini menuntun bukan pada kodrat dasarnya tapi menuntun untuk memperbaiki tingkah lakunya.

Budi pekerti, atau watak atau karakter merupakan perpaduan antara gerak pikiran, perasaan dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan tenaga/semangat. Budi pekerti yang dimaksud adalah bahwa pendidikan bisa memanusiakan manusia menuju perbuatan yang baik.

Peran Guru adalah menuntun dan menumbuh kembangkan anak sesuai dengan kodratnya dan dapat 
mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Dengan Nilai-Nilai yang dimiliki Guru Penggerak guru mampu menjadi teladan untuk menciptakan pembiasaan-pembiasaan yang akan membentuk karakter-karakter baik pada diri Peserta Didik.

B. Tujuan 
  • Membentuk karakter baik
  • Menumbuhkan semangat dan kebahagiaan
  • Membentuk pemimpin yang sholeh
C. Tolok Ukur
  • Peserta didik memunculkan karakter baik
  • Peserta didik mengikuti proses pembelajaran dengan senang dan bahagia
  • Peserta didik mempunyai jiwa pemimpin
D. Linimasi Aksi Nyata
  • Rencana Penerapan Aksi Nyata menggunakan Inkuiri Apersiatif Model BAGJA
  1. B-uat Pertanyaan (Define): Apa alasannya tes karakter bakat dan minat penting dilakukan?
  2. A-mbil Pelajaran (Discover): Adanya umpan balik dari kegiatan home visit, sehingga kita mengeatahui  adanya perbedaan karakter anak didik di sekolah dengan dirumah. 
  3. G-ali Mimpi (Dream): Pemetaan potensi anak, Terbentuknya karakter baik dalam diri anak dimanapun  mereka berada, Terwujudnya pembelajaran yang kondusif karena sesuai dengan bakat dan minat anak.
  4. J-abarkan Rencana (Design): Mengadakan psikotes, Mengadakan ekstra Kurikuler sesuai bakat minat anak, dan memberikan kesempatan anak untuk menjadi pemimpin kelas atau permainan.
  5. A-tur Eksekusi (Deliver): Mendatangkan ahli psikologi anak, atau bekerja sama dengan puskesmas,    Mengoptimalkan potensi guru sesuai dengan keahliannya, adanya inovasi metode, model ataupun pendekatan pada proses pembelajaran.
  • Dokumentasi Pemeriksaan tes dan kesehatan awal masuk 2021-2022 oleh Dokter dan petugas Puskesmas 


  

    
  • Ekstra Kurikuler sesuai bakat dan minat anak
  

  
E. Dukungan yang di butuhkan
  • Kepala Sekolah
  • Yayasan
  • Calon Guru Penggerak
  • Guru
  • Peserta Didik
  • Orang Tua
  • Forum Orang Tua/ Komite Sekolah
  • Lingkungan
  • Pihak Yang berkompeten dalam mendukung Visi Guru




















bm

Dikatakan sukses seorang ibu apabila sudah bisa menghantarkan anaknya kepada Islam yang kaffah.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar yang dengan menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas.

avatar
Admin Noeng Blog Online
Welcome to Noeng Blog blog